Friday, July 10, 2009

Web 2.0 dan hubungannya dengan Library 2.0


http://www.flickr.com/photos/xiaobi/172320206/

"Web 2.0 adalah sebuah revolusi bisnis di dalam industri komputer yang terjadi akibat pergerakan ke internet sebagai platform, dan suatu usaha untuk mengerti aturan-aturan agar sukses di platform tersebut.
(http://id.wikipedia.org/wiki/Web_2.0)

Dalam Web 2.0, Web menjadi pusat dari gaya hidup digital yang baru kami perubahan budaya dan menyentuh setiap aspek kehidupan kita. Web yang hanya bergerak dari situs dan mesin pencari ke ruang berbagi jaringan yang menyokong kerja, penelitian, pendidikan, hiburan dan kegiatan sosial-dasarnya semua orang. Anda dan perangkat mobile dan nonmobile-PDA, MP3, laptop, ponsel, kamera, PC, TV, dll-selalu online, terhubung satu sama lain dan Web.

Hubungannya dengan Library 2.0?

Library 2.0 adalah model yang ditetapkan untuk memodrenisasikan bentuk layanan perpustakaan dari yang manual ke bentuk digital yang mencerminkan perubahan perpustakaan terhadap pelayanan yang disampaikan kepada pengguna.

Library 2.0 memang terlahir karena ide Web 2.0, suatu konsep web yang menekankan pada partisipasi pengguna melalui aplikasi yang memungkinkan para pengguna dapat berbagi dan saling melengkapi informasi.

Aplikasi blog, wiki, dan jaringan sosial seperti Facebook adalah contoh. Dalam dunia perpustakaan, teknologi itu diadaptasi salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi blog dalam mempromosikan perpustakaan itu sendiri.

Dengan aplikasi blog perpustakaan dapat dengan mudah mempromosikan library.



Refrensi:
http://www.informaworld.com/smpp/content~db=all~content=a903778288
http://sambungjaring.blogspot.com/2008/03/library-20-konsep-pengembangan.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Library_2.0







No comments:

Post a Comment